Sejarah perkembangan software
MAKALAH
“Sejarah
Perkembangan Perangkat Lunak (Software)”
![Description: E:\semester6\pak efri\prak.pemograman internet\gambar\UNDHARI.jpg](file:///C:/Users/DENIAN~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Disusun oleh:
1. Riki Putra Desnovika
2. Deniansyah
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
DHARMAS INDONESIA
TAHUN 2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
kehadirat ALLAH SWT yang mana telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya
sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah di
tentukan. Makalah ini di beri judul “Sejarah Perkembangan
Perangkat Lunak (Software)”.
Saya menyadari bahwa penulisan ini masih terdapat
kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya akan bersenang hati
menerima segala saran dan kritik dari para pembaca demi kebaikan dan
kesempurnaan tugas ini.
Dharmasraya
, Maret 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Dewasa ini banyak
bertaburan perangkat lunak yang bisa dugunakan oleh masyarakat dengan mudahnya.
Perangkat lunak sendiri memiliki sejarah yang tidak pendek untuk dijelaskan.
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi.
Komputer di gunakan manusia untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan
berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah
perangkat lunak. Perangkat lunak sendiri memiliki ragam yang banyak. Sehingga
memicu perkembangan perangkat lunak di seluruh dunia. Perkembangan yang pesat
itu juga didukung kebutuhan manusia yang berkembang dari zaman ke zaman. Setiap
individu mempunyai kebutuhan yang berbeda beda terhadap perangkat lunak yang
ada sehingga membuat mereka ingin mengembangkannya hingga memenuhi kebutuhannya
masing masing. Untuk itulah kami ingin mengulas beberapa hal tentang
perkembangan perangkat lunak dalam makalah ini.
b. Maksud dan Tujuan
1.
Memaparkan
apa sebenarnya itu perangkat lunak.
2.
Memaparkan
revolusi perangkat lunak dari awal hingga sekarang.
3.
memaparkan
kategori perangkat lunak
c. Metode Penulisan
Penulis mencari materi dari
Internet dan materi-materi pada mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Software
Software adalah
kumpulan instruksi yang berfungsi untuk
menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware,
menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Agar komputer dapat
membaca, mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir,
dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer
harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya. Program
adalah instruksi dalam bahasa mesin atau yang dapat dibaca oleh komputer yang
dirancang untuk tujuan tertentu sehingga jika operator menjalankan komputer dan
memijat tombol tertentu (misalnya untuk memroses data akuntansi) disebut,
dengan program aplikasi (aplication program). Pengertian perangkat lunak
menunjuk pada program dan alat bantu lain yang bersifat menambah kemampuan
komputer sebagai alat untuk melaksanakan tugas atau operasi tertentu. Program
aplikasi dapat dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus pula
(tailor-made) atau berupa paket yang mempunyai aplikasi umum.
Disebut juga dengan
perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh
mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan
catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip
lainnya. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer
itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atauinstruksi yang
akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh
komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai
keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun
ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta
data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa
hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini
mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin
komputer. (solehsoul.wordpress.com)
Komputer digunakan
orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkanberbagai masalah. Yang
menjadi pemroses data atau pemecah masalah ituadalah perangkat lunak. Bentuk
terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika
(AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat
lunak.
Software Komputer
adalah suatu aturan-aturan atau prosedur-prosedur yang digunakan komputer untuk
pemrosesan data yang telah diubah bentuknya ke dalam suatu program. Perangkat
lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang
dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat
keras. Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa
perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat
lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,
maupun dokumen serta arsip lainnya.
Kebanyakan masyarakat
saat ini membagi komputer menjadi dua bagian . Bagian pertama adalah hardware
yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang
kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang
harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer
adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat,
paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak
atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang
dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk
menarik nafas dengan menggunakan paru-paru.
Hardware
Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu
menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary.
Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk
memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya.
2.2
Evolusi Perangkat Lunak
a) Era pioner
Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar
berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses. Perangkat lunak pada era ini contohnya ENIAC.
b) Era stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan
akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat
lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti
banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat
lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung
(real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan
antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
c) Era mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC
dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk
memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan
tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu
jenis kecerdasan buatan.
d) Era modern
Saat ini perangkat lunak sudah
terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25
prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat
lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan
peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di
tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang
hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak
akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi
pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai
bisa mengenal suara dan gambar.
2.3 Kategori
Perangkat Lunak
Perangkat keras
komputer tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila
instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepadanya, yang disebut dengan perangkat lunak (software) di dalam sirkuit
komputer.
Perangkat lunak dikategorikan ke
dalam tiga bagian, yaitu :
1. Perangkat
lunak sistem operasi (Operating System), yaitu program yang ditulis
untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer. contoh sistem operasi :
DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System
7.
2. Perangkat
lunak bahasa (Language Software), yaitu program yang digunakan untuk
menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke
dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. contoh
bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,FORTRAN.
3. Perangkat
lunak aplikasi (Application Software), yaitu program yang ditulis
dan diterjemahkan oleh
language software untuk
menyelesaikan aplikasi tertentu. contoh
Utilty adalah Norton Utility.
Hubungan antara hardware,
software dan User
![](file:///C:/Users/DENIAN~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.png)
User
Application
Software
Language
Software
Operating
System
Hardware
2.4 Bagaimana
perkembangan perangkat lunak sampai sekarang
Komputer membutuhkan
data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi
bilangan biner. Mesin komputer memproses fakta atau data menjadi suatu
informasi yang berguna bagi penggunanya. Dengan Komputer diharapkan dapat
meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi
informasi data tersebut diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan
menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software adalah program dari
komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan
proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat
lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat
human-like (keinginan manusia). Di dalam teori informasi, disusun hirarki
informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan
pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di
susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge
(pengetahuan). Perangkat Keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat
lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya
perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga
komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam
perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan
komputer lebih maksimal.
Kemampuan komputer
dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka
dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung perangkat
kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan aljabar
Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar)
atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit),
double word (32 bit). (rudihd.wordpress.com)
Kelompok-kelompok bit
ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi
aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang
di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan
karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan)
penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat
ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat
kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan
ratusan orang dalam pembuatannya.
BAB III
PENUTUP
Demikian yang dapat kami
paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya
masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para
pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada
penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada
khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
a. Kesimpulan
Software adalah kumpulan
instruksi yang berfungsi untuk
menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware,
menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Dalam perkembangan
perangkat lunak ada bebereapa era yang dilaluli. Yaitu era pioner, era stabil,
era mikro, era modern. Dalam era zaman sekarang, perangkat lunak mulai bisa
mengenal suara, gambar bahkan memakai sensor sperti sensor gerak atau sensor
cahaya.
DAFTAR PUSTAKA
(rudihd.wordpress.com)
(solehsoul.wordpress.com)
Comments